Vol 2, No 2 (2020)

Pengaruh Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Cerdas Murni Medan Tahun Ajaran 2012/2013

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas IX di SMA Cerdas Murni Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belajar aktif tipe quiz team dan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Cerdas Murni Medan Tembung. Penelitian ini dilaksanakan tahun ajaran 201/2013 dengan sampel terdiri kelas eksperimen 16 orang dan kelas kontrol 16 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa berupa pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan menentukan nilai rata-rata, varians, uji normalitas dengan menggunakan  uji F, dan uji hipotesis dengan uji T pada taraf signifikan α = 0,05 Dari analisis data diperoleh harga thitung = 1,976 ttabel diperoleh melalui interpolasi sebesar 1,782 pada taraf signifikan α =0,05 dengan dk =14. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel. Dari hasil pengujian  hipotesis maka diperoleh kesimpulan bahwa Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode belajar aktif tipe quiz time terhadap hasil belajar akuntansi siswa  kelas XI IPS SMA Cerdas Murni  Tembung.

Kata Kunci: Quiz team, pembelajaran konvensional, pilihan ganda, Akuntansi.

Joko Prayogi

##issue.fullIssue##

##issue.viewIssueDescription## Joko Prayogi

Daftar Isi